Preseptor Mentor adalah seorang praktisi atau pengajar yang memiliki peran penting dalam pendidikan klinis di bidang kesehatan, termasuk di bidang kebidanan. Preseptor Mentor bertanggung jawab dalam membimbing mahasiswa dalam praktik klinik dan memberikan pembelajaran klinis yang efektif, termasuk dalam mengembangkan keterampilan klinis, pengetahuan, sikap, dan etika profesi. Selain itu, Preseptor Mentor juga harus dapat memberikan umpan balik (feedback) yang efektif dan konstruktif untuk membantu mahasiswa dalam memperbaiki kinerja dan pengembangan kompetensi mereka. Dalam konteks pendidikan kebidanan, Preseptor Mentor biasanya merupakan dosen atau pengajar di program studi kebidanan yang memiliki pengalaman dan keterampilan dalam memberikan pembelajaran klinik dan bimbingan kepada mahasiswa kebidanan di lapangan. Pelatihan Preseptor Mentor Program studi Kebidanan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dosen program studi kebidanan dan pembimbing lahan praktik dalam melaksanakan peran sebagai preseptor dan mentor bagi mahasiswa kebidanan selama menjalani praktek klinik di rumah sakit atau fasilitas kesehatan lainnya. Pelatihan ini diikuti oleh 42 orang peserta yang terdiri dari 12 dosen sarjana dan pendidikan profesi bidan FK UNS dan 30 pembimbing lahan praktik yang minimal memiliki ijazah D4 Kebidanan atau Profesi Bidan. Materi pelatihan disampaikan oleh dua pihak, yaitu:
- Ahli Pendidikan Profesi Kedokteran dan Kesehatan (Medical and Health Profession Education Expert), dr. Yoyo Suhoyo, MmedEd, PhD dan Dr. Veronika Ika Budiastuti, dr.,M.Pd. Dalam hal ini, ahli Pendidikan Profesi Kedokteran dan Kesehatan akan menyampaikan tentang teori Konsep preseptor dan mentor dan Kebijakan dan Standar Mutu Pembelajaran Klinik
- Tim Preseptor Mentor dari Poltekkes Kemenkes Semarang. Dalam hal ini Tim Preseptor Mentor dari Poltekkes Kemenkes Semarang akan menyampaikan teori tentang Konsep bimbingan klinik berdasarkan level KKNI dan Isu-isu pembelajaran klinik, Strateg/prinsip pembelajaran klinik dan Model pengajaran klinik, Perencanaan pembelajaran klinik dan ketrampilan sebagai pembimbing klinik preceptor mentor, Evaluasi ke efektifan pembimbing klinik dan penilaian kinerja mahasiswa, Konsep dan Praktik model bimbingan klinik perceptor dan mentor.
“Pelatihan ini diharapkan dapat memberikan pemahaman dan keterampilan bagi peserta dalam membimbing mahasiswa kebidanan agar dapat menghasilkan lulusan yang berkualitas dan siap menghadapi dunia kerja,” Ungkap Ibu Dr. Ika Sumiyarsi Sukamto, M.Kes sebagai Ka.Prodi Sarjana dan pendidikan Profesi Bidan FK UNS.